Rapat Konsultasi & Peringatan HKG Ke-51 TP PKK Kecamatan Wonogiri

Kamis, 23 Maret 2023. TP PKK Kecamatan Wonogiri mengadakan rapat konsultasi sekaligus memperingati Hari Kesatuan Gerak (HKG) ke-51. Ada 4  kelompok kerja (Pokja) yang melakukan perencanaan, pelaksanaan, pembinaan, pemberdayaan dan fasilitasi 10 Program Pokok PKK secara luwes dan koordinatif dimana setiap Pokja mempunyai tugas pokok dan fungsi masing-masing.

A. Pokja I

Mengelola program Penghayatan dan Pengamalan Pancasila  dan Program Gotong Royong.

B. Pokja II

Mengelola Program Pendidikan dan Ketrampilan dan Pengembangan Kehidupan Berkoperasi.

C. Pokja III

Mengelola program Pangan, Sandang, Perumahan dan Tata Laksana Rumah Tangga .

D. Pokja IV

Mengelola Program Kesehatan, Kelestarian Lingkungan Hidup dan Perencanaan Sehat.

Dalam kegiatan ini Pengurus PKK dan setiap Pokja menyampaikan program kerjanya masing-masing. Salah satu Pokja yaitu Pokja IV menyampaikan isu terkini  tentang Stunting dan Kesehatan Ibu dan Anak (KIA).

A. STUNTING

Stunted itu pasti pendek, karena masalah gizi dan GEN (Keturunan). Stunting itu masalah gizi dan faktor penyebab lain, bukan GEN. Turut disampaikan pula bagaiman proses terjadinya stunting dan keluarga berisiko stunting.

B. Kesehatan Ibu dan Anak (KIA)

Disampaikan program kegiatan untuk kesehatan ibu dan anak. Kesehatan Ibu dilaksanakan kegiatan Stiker P4K, kelas ibu hamil, senam hamil, deteksi dini faktor risiko, rujukan, KB. Sedangkan untuk Kesehatan Anak dilaksanakan kegiatan ASI Eksklusif, Imunisasi, SDIDTK, Vit A, MTBS, Kelas ibu balita, Pola asuh anak, asupan gizi, Rujukan.

 

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *